7 Keuntungan Menggunakan Blogspot, Wordpress Mana Bisa

Artikel ini akan menjelaskan tentang keuntungan menggunakan blogspot, jadi bagi Kamu yang sedang bingung mau menggunakan wordpress atau blogspot, artikel ini akan sangat membantu.

So, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Bagi yang belum tahu, semula blogspot merupakan sebuah platform blogging yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan Google.

Baru kemudian diakhir 90 an, Google mengakuisisi blogspot menjadi salah satu bagian bisnisnya (ini data awal ya, kalau ndak salah inget, nanti tak perbaharui lagi kalau kliru).

Setelah blogspot menjadi bagian dari Google, platform blogging ini kemudian berubah nama kemudian menjadi blogger bukan lagi blogspot, namun uniknya, subdomain yang digunakan masih menggunakan blogspot.com bukan blogger.com.

Pada perkembangannya blogspot mulai mempunyai tempat yang spesial di Google pada tahun 2004, seiring dengan meningkatknay antusias masyarakat dunia untuk ngeblog.

Dan pada tahun 2012 atau 2014, Google AdSense mulai diperkenalkan sebagai salah satu cara untuk memonetise blog (ini juga nanti tak cek lagi datanya).


Keuntungan menggunakan blogspot ternyata cukup menggiurkan
Keuntungan menggunakan blogspot sebagai sebuah platform blogging
Oke itu tadi sedikit cerita mengenai blogspot, selanjutnya setelah paragarf ini, pembahasan akan langsung menukik ke topik utama, yakni keuntungan yang bisa didapatkan apabila menggunakan blogspot sebagai platform blogging.

Langsung saja, apa saja bennefit menggunakan blogspot? Ini dia :
  1. Sederhana, yang pertama, blogspot sederhana, hal tersebut membuat blogspot mudah digunakan oleh blogger pemula. Tinggal tulis artikel, masukkan gambar jika mau, kemudia edit url jika ingin, posting, resmi deh Anda disebut sebagai seorang blogger;
  2. Aman, yap! Tanpa ragu-ragu, blogspot aman digunakan bagi blogger pemula sekalipun, mungkin pada tahun 2015 atau 2016, perhatian Google tentang keamanan blogspot masih kurang, sehingga blog gampang di bajak orang tak bertanggung jawab. Namun sekarang, sudah beda ceritanya, 1 atau 2 tahun belakangan ini sepertinya belum info tentang pembajakan blogspot dari luar;
  3. Akses cepat, yap! Ini juga benar, Google mempunyai 100 ribu server diseluruh dunia, dan sepertinya masih terus bertambah, kabarnya akan ada server baru di Asia, yakni di Hong Kong dan Singapura di tahun 2020. Wah kalau ada di Singapura, semakin cepat dong akses blogspot nantinya, wong dekat dengan Indonesia. Ya, memang benar 100 ribu server tersebut tidak semuanya diperuntukkan untuk melayani blosgspot saja, tapi juga produk-produk Google yang lainnya;
  4. Gampang dimonetise, yap! Ini sebenarnya agak biyas sih hehe. Soalnya, apapun platform bloggingnya, sepanjang dia punya traffic, maka memonetise blog cenderung lebih gampang. Tapi, pada dashboard blogspot sendiri, jika waktunya sudah pas, maka bisa langsung didaftarkan ke Google AdSense, dari penayangan iklan Google AdSense nantinya si pengelola blog bakalan mendapatkan uang;
  5. Tidak perlu hosting, yap! Karena biaya hosting blogspot sudah ditanggung oleh Google, jadi berapapun visitor yang masuk, blog tidak akan down karena overload. Ini bagus banget buat blogger pemula karena lebih hemat biaya;
  6. Bisa custom domain, jika Kamu khawatir karena subdomain blogspot membuat blog terlihat kurang profesional, jangan khawatir, karena blogspot bisa dicustom domain, gampang banget bahkan caranya. Dengan mengganti subdomain blogspot jadi domain TLD, maka Kamu tampilan blogmu akan tampak lebih pro sekarang;
  7. Kompetibel dengan semua platform Google, tentu saja karena blogspot merupakan bagian dari Google, tentu ini sangat menguntungkan bagi seorang blogger, walau tetap harus digaris bawahi, bahwa sumber traffic bukan hanya dari Google. Tapi jika melihat data, pengguna search enggine di dunia, yang menunjukkan bahwa 72% atau lebih menggunakan Google untuk mencari kebutuhan mereka, tentu menjadi penting untuk memanfaatkan blogspot sebagai salah satu tools untuk menyedot traffic dari Google.
Panjang juga artikelnya ya, capek bacanya? Ya memang karena topik keuntungan menggunakan blogspot ini bukan tema yang bisa dibahas dalam 300 kata, ini pun mungkin ada keuntungan lain yang belum dimasukkan dalam artikel, nanti diupdatelah kapan-kapan hehe.

Istirahat dulu deh kalau gitu bacanya hehe.

Oke, itu tadi 7 keuntungan menggunakan blogspot, bagaimana, Kamu sependapat tidak? Atau mungkin Kamu punya pendapat lain, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Sekian dulu, salam sukses dan sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "7 Keuntungan Menggunakan Blogspot, Wordpress Mana Bisa"

  1. Salam dari pengguna blogspot.
    Tulisan yg berguna banget dan sanger memotivasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimaksih Apresiasinya Gan, semoga bermanfaat.

      Delete
  2. Waw pengen bikin versi gratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Gan, bikin yang bagus biar mantap.

      Delete
  3. Menarik juga konsep tulisannya, melihat dari sudut pandang lain, seolah olah wordpress berhasil dikalahkan hehehe

    ReplyDelete
  4. tapi blogspot susah naikin DA PA kayaknya..

    ReplyDelete